Monday 19 October 2015

PERSIAPAN TOURING

Rekan-rekan touringer yang saya hormati, kali ini kita akan membahas dan mengingatkan kembali akan pentingnya persiapan-persiapan dalam touring. Kalau dulu ada istilah peribahasa "sedia payung sebelum hujan", peribahasa tersebut sudah jelas dan gamblang kalau sebelum melakukan sesuatu harus mempersiapkan persiapan terlebih dahulu termasuk dalam touring. Hal ini sangatlah penting, karena dalam touring ini bukan sekadar jalan-jalan semata saja. Perjalanan jauh maupun dekat sebaiknya mempersiapkan persiapan terlebih dahulu.

1. Niat
Niat ini ada dalam hati, sebaiknya sebelum mengerjakan segala sesuatu didahulu niat terlebih dahulu dan niat tersebut harus lurus. Disamping berpengaruh dalam pahala, niat juga berpengaruh dalam proses kegiatan dan agar tidak nggrundel dibelakang.

2. Cek Kendaraan
Motor anda apa?, sudah ganti oli belum?, Kampas remnya gimana?. Demikian segelintir pertanyaan untuk mengingatkan anda sebelum touring, artinya sebelum berangkat touring kita harus tau kondisi motor kita agar perjalan lebih nyaman dengan mengecek kondisi bagian yang vital dalam motor seperti cek mesin, rem, oli, kampas kopling, gear set, lampu, busi, dan sebagainya.

3. Safety Riding
Helm, selain melindungi kepala kita, barang ini juga melindungi kita dari tilang polisi dan helm-nya ini juga sebaiknya yang standar alias SNI. Safety riding lainnya yaitu sarung tangan, masker, jaket, rompi penutup dada, sepatu boots, decker, dan jas hujan.

4. Alat Perkakas
Bagi yang kerja di bengkel pasti sudah hafal dengan alat perkakas ini seperti kunci, obeng, tank, kunci busi, dan lain sebagainya.

5. P3K
Bagi yang belum tau singkatan P3K, boleh browsing dulu di mbah google. P3K ini sangatlah penting, apalagi bagi yang punya riwayat asma dan alergi dingin. Kita bisa mempersiapkan obat-obatan pribadi, obat kegawat daruratan dan sebagainya untuk mempersiapkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dan mendesak.

6. Perlengkapan Tambahan
Lampu lalin, peluit, tas/rangsel, HT, HP dan alat komunikasi lainnya.

7. Isi Dompet
Persiapan yang ini bisa jadi kartu ATM alias duit, duit juga penting agar bis beli BBM, snack/jajan dan sebagainya. Kemudian isi dompet yang lain yaitu kelengkapan surat-surat kendaraan dan SIM.

8. Hafal Rambu-rambu dan Peraturan Club
Dalam rambu-rambu lalulintas ini semua rider harus wajib hafal dan haru menaatinya demi keselamatan diri sendiri dan pengendara lain. Kemudian untuk peraturan club MTC ini akan dibahas di judul lain. Diantara peraturan club pada saat touring seperti menghormati pengendara lain, tangan menggenggam tandanya berhenti atau mengerem dan lain sebagainya. Untuk club lain pasti peraturannya berbeda-beda tetapi garis besarnya pasti sama.

Demikian persiapan sebelum touring, semoga bermanfaat.
SALAM TOURING..........

No comments:

Post a Comment